Senin, 20 September 2010

Kreativitas Anak Perlu Dikembangkan Dalam Pembelajaran


Tantangan pembangunan bangsa di masa mendatang khususnya dibidang pendidikan adalah menciptakan manusia masa depan yang tangguh, kuat, sehat dan memiliki sikap mental keterampilan dan keahlian yang sesuai dengan kebutuhan kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebagai negara berkembang, Indonesia sangat membutuhkan tenaga-tenaga kreatif yang mampu memberikan kontribusi bermakna pada ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesenian, serta kesejahteraan bangsa pada umumnya.
Untuk menjawab tantangan dan harapan tersebut hanya dapat diwujudkan melalui suatu pendidikan yang baik dan mendasar, sebuah pendidikan yang mampu meletakkan dasar-dasar pemberdayaan manusia agar memiliki kesadaran akan potensi dirinya dan mengembangkannya bagi kebutuhan dirinya sendiri, masyarakatnya dan bagi umat manusia dalam membentuk masyarakat madani. Maka dari itu pendidikan diperlukan oleh siapapun untuk tetap menguasai nasib sendiri, bertahan hidup dan meningkatkan kehidupannya.
Ungkapan tersebut sesuai dengan amanat Undang-undang Sisdiknas No 20 tahun 2003 pasal l, yang menyebutkan bahwa:                                     
”Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara”.
Perlu kita sadari bahwa anak merupakan harapan bagi masa depan suatu bangsa. Anak-anak adalah generasi penerus keluarga dan sekaligus penerus bangsa. Mereka yang kelak akan membangun bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju, yang tidak tertinggal dari bangsa-bangsa lain. Dengan kata lain, masa depan bangsa Indonesia ditentukan oleh pendidikan yang diberikan kepada anak-anak kita sekarang ini.
Masa kanak-kanak dari usia 0 - 8 tahun disebut masa emas (Golden Age) yang hanya terjadi satu kali dalam perkembangan kehidupan manusia sehingga sangatlah penting untuk merangsang pertumbuhan otak anak dengan memberikan perhatian terhadap kesehatan anak, penyediaan gizi yang cukup, dan pelayanan pendidikan. Oleh sebab itu pendidikan yang diberikan kepada anak sejak usia dini merupakan investasi yang sangat besar bagi keluarga dan juga bangsa. Hal ini sejalan dengan hasil penelitian dari Prof. Benyamin S. Bloom, Dr. Keith Osborn dan Dr. Burton L. White (1965) dari Universitas Chicago Amerika Serikat yang menyebutkan bahwa perkembangan intelektual anak terjadi sangat pesat pada tahun-tahun awal kehidupannya. Data empirik menggambarkan bahwa sebanyak 50% variabilitas kecerdasan orang dewasa telah terjadi pada masa anak berusia 4 tahun, dan peningkatan berikutnya sekitar 30% terjadi pada masa anak berusia 8 tahun, kemudian sisanya sekitar 20% terjadi pada masa dua puluh tahunan. Kajian Bloom tersebut menunjukkan bahwa rangsangan belajar pada masa usia dini memberikan pengalaman yang sangat berharga untuk perkembangan pada masa berikutnya.
Salah satu aspek yang perlu dikembangkan adalah kreativitas. Karena kreativitas merupakan salah satu potensi yang dimiliki anak yang perlu dikembangkan sejak usia dini. Mengapa kreativitas begitu bermakna dalam hidup dan perlu dipupuk sejak dini dalam diri anak? Munandar (2004: 31) mengemukakan: Pertama, karena dengan berkreasi orang dapat mewujudkan atau mengaktualisasikan dirinya, dan aktualisasi diri merupakan kebutuhan pokok pada tingkat tertinggi dalam hidup manusia. Kedua,  kreativitas atau berpikir kreatif sebagai kemampuan untuk melihat bermacam-macam kemungkinan penyelesaian terhadap suatu masalah. Ketiga, bersibuk diri secara kreatif tidak hanya bermanfaat bagi diri pribadi dan lingkungan tapi juga memberikan kepuasan kepada individu. Keempat, kreativitaslah yang memungkinkan manusia meningkatkan kualitas hidupnya.
Selain itu, kreativitas sangat penting dalam kehidupan, karena merupakan suatu kemampuan yang sangat berarti dalam proses kehidupan manusia. Dengan kreativitas manusia dapat melahirkan pencipta besar yang mewarnai sejarah kehidupan manusia dengan karyanya, seperti Bill Gate siraja Microsoft, JK. Rolling dengan novel Harry Poternya, Ary Ginanjar dengan ESQ (Emotional & Spiritual Quotient), Pramudya Ananta Toer dengan karya-karyanya yang tak lekang oleh perjalanan waktu. Apa yang mereka ciptakan adalah karya orisinil yang luar biasa dan bermakna, sehingga orang terkesan dan memburu karya-karyanya.
Menurut Soegeng Santoso (2002 : 27) pada hakekatnya sejak lahir anak mempunyai kreativitas, namun kualitasnya tidak sama, sebab tergantung bakat, gizi selama dalam kandungan dan pengaruh lingkungan terhadap ibu yang sedang hamil, baik secara langsung maupun tidak langsung. Tiap anak mempunyai kreativitas sendiri, oleh sebab itu pendidik wajib memperhatikan setiap anak dan tidak boleh menyamaratakannya.
Melalui proses pembelajaran dengan kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak yaitu melalui bermain, diharapkan dapat merangsang dan memupuk kreativitas anak sesuai dengan potensi yang dimilikinya untuk pengembangan diri sejak usia dini. Hal ini sejalan dengan apa yang dikemukakan oleh Mulyasa (2005: 164) bahwa proses pembelajaran pada hakekatnya untuk mengembangkan aktivitas dan kreativitas peserta didik, melalui berbagai interaksi dan pengalaman belajar.
Dalam proses pembelajaran di TK dan SD, kreativitas anak dapat dirangsang dan dieksplorasi melalui kegiatan bermain sambil belajar sebab bermain merupakan sifat alami anak. Diungkapkan oleh Munandar (2004: 94) bahwa adanya hubungan yang erat antara sikap bermain dan kreativitas. Namun, dijelaskan oleh Froebel (Patmonodewo, 2003: 7), bermain tanpa bimbingan dan arahan serta perencanaan lingkungan di mana anak belajar akan membawa anak pada cara belajar yang salah atau proses belajar tidak akan terjadi. Ia mengisyaratkan bahwa dalam proses pembelajaran, pendidik bertanggung jawab dalam membimbing dan mengarahkan anak agar menjadi kreatif.
Yang menjadi pertanyaan adalah sejauh mana sikap dan perilaku guru dan orang tua yang memudahkan dan menunjang suatu lingkungan pendidikan yang memupuk kreativitas anak? Sebab menurut penelitian Getzelt dan Jackson (1962), guru lebih menyukai siswa dengan kecerdasan tinggi dari pada siswa yang kreatif jika guru ditanya siswa  manakah yang lebih mereka sukai di dalam kelas. Begitu juga dengan studi Bachtold dan Utami Munandar (1977) menunjukkan bahwa persepsi guru mengenai ”murid yang ideal” hanya sedikit persamaannya dengan perilaku yang ditemukan pada pribadi-pribadi yang kreatif.
Selain itu, penelitian lain juga menunjukkan bahwa perkembangan optimal dari kemampuan berfikir kreatif berhubungan erat dengan cara mengajar. Dalam suasana yang demokratis dan menyenangkan, ketika belajar atas prakarsa sendiri dapat berkembang, karena guru menaruh perhatian dan kepercayaan terhadap kemampuan anak untuk berfikir dan berani mengemukakan gagasan baru dan ketika anak diberi kesempatan bekerja sesuai dengan minat dan kebutuhannya, dalam suasana inilah kemampuan kreatif dapat tumbuh dan subur.
Namun apa yang terjadi di lapangan, tidak jarang kita jumpai bahwa di sekolah-sekolah  dalam proses pembelajaran, perhatian terhadap potensi anak masih terbatas pada aspek berfikir konvergen sedangkan aspek berfikir divergen masih kurang mendapat perhatian. Anak didik lebih banyak menerima cekokan dalam arti instruksi bagaimana melakukan sesuatu di sekolah, di rumah, dan di dalam mengerjakan sesuatu  pekerjaan, sehingga kebanyakan dari anak kehilangan kesempatan untuk kreatif. Kemampuan kreatif seorang anak sering begitu ditekan oleh pendidikan dan pengalaman sehingga ia tidak dapat mengenali potensi sepenuhnya, apalagi mewujudkannya.
Seharusnya pendidikan dapat berperan lebih banyak untuk membantu anak dalam mengembangkan sikap, kemampuan, dan kreativitasnya, agar kelak dapat untuk membantu mereka menghadapi berbagai persoalan secara kreatif dan inovatif serta dapat memenuhi kebutuhan pribadi dan kebutuhan masyarakat serta bangsa dan negara. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Semiawan (Santoso, 33) jika kreativitas dapat dikembangkan dengan baik maka anak dikemudian hari setelah dewasa akan memiliki kemampuan, keterampilan, dan profesi yang baik bahkan luar biasa.
Dari uraian di atas memberikan gambaran bahwa pelayanan pendidikan bagi anak merupakan suatu hal yang sangat penting, sebagai upaya pengembangan kreativitas anak. Dalam proses pembelajaran harus disesuaikan dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangannya. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan suatu proses pembelajaran yang dapat mendorong pengembangan kreativitas anak yang mendukung untuk mewujudkan kemampuan dasar anak secara wajar dan optimal. Dan untuk melakukan itu semua dibutuhkan guru yang profesional yang memiliki kompetensi pedagogik yang memadai.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

APA INDIKATOR KREATIVITAS YANG DAPAT DIAMATI PADA ANAK-ANAK

LintasPribadi.com mengatakan...

Artikel nya bagus,.. izin share ya
terima kasih

Sekedar Hiburan