Rabu, 20 Oktober 2010

Pentingnya Menuntut Ilmu


Ilmu merupakan sesuatu yang penting bagi kehidupan manusia karena dengan ilmu semua keperluan dan kebutuhan manusia bisa terpenuhi secara lebih cepat dan lebih mudah, tanpa ilmu kesuksesan tak pernah diraih karena ilmu merupakan bagian terpenting dalam kehidupan seperti kebutuhan manusia akan oksigen untuk bernapas.
Secara bahasa pengertian ilmu adalah lawan kata bodoh, sedang secara istilah berarti sesuatu yang dengannya akan tersingkaplah segala hakikat yang secara sempurna. Secara istilah Syar’i pengertian ilmu yaitu, ilmu yang sesuai dengan amal, baik amalan hati, lisan maupun anggota badan. Dalam pengertian lain, Ilmu itu sama dengan modal, tak punya ilmu keuntungan apa yang bisa didapat? ilmu adalah kunci untuk membuka pintu kebaikan, kesuksesan, dan kunci untuk menjawab pertanyaan dan masalah di dunia ini.
Berbicara tentang ilmu amatlah luas, jika di pelajari tidak akan pernah selesai, selama bumi masih berputar, selama hayat di kandung badan selama itu pula manusia memerlukan ilmu pengetahuan. Dalam ajaran Islam tidak hanya cukup pada perintah menuntut ilmu, tetapi menghendaki agar seseorang itu terus menerus melakukan belajar, karena manusia hidup di dunia ini perlu senantiasa menyesuaikan dengan alam dan perkembangan zaman. Jika manusia berhenti belajar sementara zaman terus berkembang maka manusia akan tertinggal oleh zaman sehingga tidak dapat hidup layak sesuai dengan tuntutan zaman, terutama pada zaman sekarang ini, zaman yang di sebut dengan era globalisasi, orang di tuntut untuk memiliki bekal yang cukup banyak, berupa ilmu pengetahuan.
Hendaklah diketahui bahwa hanya dengan ilmu derajat seseorang bisa terangkat. Makin tinggi seseorang menuntut ilmu, makin tinggi pula nilai ilmu yang ia miliki, makin tinggi ilmu seseorang makin banyak kesempatan bagi orang tersebut untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Oleh sebab itu jelaslah bahwa peranan ilmu pengetahuan dalam kehidupan seseorang sangat besar, dengan ilmu pengetahuan, derajat manusia akan berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Seperti firman Allah dalam Surat Al-Mujaadilah ayat ; 11 yang artinya: Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.
Menuntut ilmu adalah suatu usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk merubah tingkah laku dan perilaku kearah yang lebih baik,karena pada dasarnya ilmu menunjukkan jalan menuju kebenaran dan meninggalkan kebodohan. Menuntut ilmu merupakan ibadah, sebagaiman sabda Nabi Muhammad SAW “Menuntut Ilmu diwajibkan atas orang Islam laki-laki dan perempuan”. Dengan demikian perintah menuntut ilmu tidak dibedakan antara laki-laki dan perempuan. Hal yang paling diharapkan dari menuntut ilmu ialah terjadinya perubahan pada diri individu ke arah yang lebih baik yaitu perubahan tingkah laku, sikap dan perubahan aspek lain yang ada pada setiap individu.
Selain tidak dibedakan kewajiban menuntut ilmu antara laki-laki dan perempuan, waktu untuk menuntut ilmu pun tidak terbatas pada usia masuk Sekolah Dasar atau Madrasah Ibidaiyah sampai keperguruan tinggi, tetapi masa untuk menuntut ilmu ialah sejak manusia di lahirkan dan berakhir pada saat manusia meninggal dunia, orang barat menyebutnya dengan istilah “Long Life Education” atau “Pendidikan Seumur Hidup”.
Sesuatu yang sangat penting kita ketahui adalah bahwa orang yang menuntut ilmu akan diberikan pahala yang sangat besar. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim, Abu Daud, Tirmidzi dari shabat Abu Hurairah, Rasulullah Saw. Bersabda “Barangsiapa berjalan di suatu tempat guna menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga”. Maka dari itu menuntut ilmu dilakukan tidak hanya di tempat yang dekat tetapi kalau perlu harus mengembara untuk menuntut ilmu di tempat yang jauh. Seperti sabda Rasulullah SAW “Tuntutlah ilmu walaupun di negeri Cina”.  Disebutkan negara Cina disini karena pada zaman Nabi Muhammad negeri yang terjauh dan terkenal di Arab adalah negeri Cina.
Allah menyuruh manusia untuk menuntut ilmu tidak hanya ilmu agama, tetapi juga ilmu umum. Dimana kedua ilmu ini selain memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia itu sendiri, juga memiliki peranan penting bagi kehidupan masyarakat serta bagi bangsa dan negara. Hal ini dapat di lihat dalam kehidupan sosial, masyarakat terjadinya gangguan ketertiban diakibatkan karena beberapa faktor, salah satunya ialah kurangnya ilmu pengetahuan yang di miliki oleh anggota masyarakat itu. Dan tidak dapat di sangkal lagi bahwa ilmu pengetahuan sangat besar peranannya bagi bangsa dan negara, sejarah telah membuktikan bahwa negara yang maju adalah negara yang maju ilmu pengetahuannya.
Islam sangat memperhatikan kebahagiaan dunia dan akhirat sebagaimana firman Allah SWT, yang artinya, “Peliharalah diri dan keluargamu dari api neraka.” Keluarga adalah masyarakat terkecil, jika semua keluarga di dalam masyarakat itu baik, maka baik pulalah kehidupan dalam masyarakat dan alangkah indahnya sesuatu masyarakat yang anggota masyarakatnya memiliki keterpaduan antara ilmu agama dan ilmu umum.
Lalu bagaimana dengan ilmu yang telah kita dapatkan? Ilmu yang telah didapat dari usaha menuntut ilmu adalah untuk di amalkan karena ilmu itu terjaga dan tidak mudah hilang apabila telah diamalkan, terkhusus pada diri sendiri, apakah ilmu yang telah didapat di amalkan pada kebaikan diri sendiri karena sebelum mengamalkan ilmu pada orang lain setidaknya telah diamalkan pada diri sendiri. Setinggi apapun seseorang menuntut ilmu jika tidak di amalkan maka dengan sendirinya ilmu tersebut akan mudah hilang, ilmu akan bertambah jika di amalkan sebaliknya ilmu akan menghilang jika tidak di amalkan. Dengan mengaplikasikan ilmu yang telah didapat dan menyeru kepadaNya serta berlaku sabar dalam menjalaninya agar ilmu yang telah di peroleh memiliki buah yang baik dan dapat berkembang, dengan demikian banyak orang lain yang dapat manfaat dari ilmu tersebut.
Diakhir tulisan ini penulis mengajak kita semua marilah kita berlomba-lomba untuk mencari dan mengamalkan ilmu, baik ilmu agama maupun ilmu pengetahuan dan teknologi lainnya. Supaya dengan berbekal ilmu pengetahuan yang memadai kita semua menjadi manusia yang dapat dijadikan kalifah dimuka bumi ini. InsyaAllah.




Tidak ada komentar:

Sekedar Hiburan